Cara Kerja Hashtag dan Fungsinya

Cara Kerja Hashtag dan Fungsinya

Daftar Isi

Cara Kerja Hashtag – Hashtag di lambangkan dengan simbol pagar (#) dimana dulunya simbol ini digunakan untuk menandai angka dan semacamnya. Simbol ini pertama kali diperkenalkan di Twitter pada tahun 2007 lalu oleh seorang web marketing specialist yaitu Chris Messina. Pada mulanya simbol hashtag tersebut digunakan untuk mengelompokkan Tweet yang saling berhubungan atau terkait.

Sejak saat itu, penggunaan dan efektivitas hashtag meningkat pesat dan sekarang simbol ini digunakan di berbagai platform. Tujuannya adalah untuk menghubungkan pengguna atau audience dengan topik, event atau obrolan spesifik tertentu. Sehingga kini hampir di setiap media sosial seperti Instagram dan TikTok hingga website juga menggunakan hashtag.

Bagaimana Cara Kerja Hashtag

Menambahkan hashtag dalam postingan atau unggahan tentu sangat mudah yaitu cukup dengan menggunakan simbol pagar (#). Setelah itu tambahkan kata atau frasa tertentu yang sesuai dengan topik bahasan Anda dan pastikan tidak menambahkan spasi atau simbol lain dalam kata tersebut.

Bila Anda menggunakan 2 kata atau lebih dapat menandainya menggunakan huruf kapital. Sebagai contoh Anda ingin membuat hashtag promo bulan januari maka hashtagnya #PromoBulanJanuari untuk mempromosikan hashtag bisnis Anda.

Cara kerja hashtag ini kemudian adalah dengan menandai serta mengelompokkan postingan tertentu berdasarkan kategori atau tema obrolan yang tengah populer. Contohnya hashtag #TahunBaru2023 dapat di pakai oleh pengguna media sosial untuk postingan mereka pada tahun baru tersebut.

Lalu ketika Anda membuka hashtag #TahunBaru2023 maka akan mendapati setiap postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Karenanya hashtag dapat memudahkan Anda mencari topik atau postingan tertentu, hal tersebut juga berlaku untuk platform website. Namun bedanya pada website namanya hanyalah tag saja, untuk Anda yang menggunakan teknik atau jasa seo tentu harus memaksimalkannya.

4 Fungsi Hashtag Secara Umum

Seperti yang kita tahu bahwa hashtag juga dapat digunakan dalam berbagai keperluan tanpa ada batasan. Selain itu, hashtag atau tagar atau tag juga menjadi fitur terbaik untuk mengikuti tren dan berita terkini. Secara umum berikut beberapa fungsi utama hashtag yang umum dikenal:

1. Meramaikan Trending Topics

Trending topics merupakan salah satu fitur unggulan Twitter dan media sosial lainnya, umumnya website berita juga memanfaat tag untuk topik yang tengah ramai di bahas. Fitur tersebut akan menyajikan obrolan-obrolan yang tengah ramai dibicarakan di seluruh dunia atau regional tertentu. Penggunaan hashtag atau tag merupakan cara untuk menggabungkan postingan trending topics tersebut.

2. Bentuk Dukungan untuk Isu Sosial

Hashtag juga kerap di pakai dalam suatu isu sosial tertentu dan biasanya kampanye sosial tersebut dapat muncul secara alami sebagai bentuk respons masyarakat terhadap masalah tersebut. Contohnya adalah seperti hashtag #BanjirJakarta biasa digunakan untuk kasus banjir parah yang melanda ibu kota Jakarta.

3. Bergabung dalam Tema Obrolan Tertentu

Hashtag juga dapat mengelompokkan serta menandai tema obrolan tertentu. Contohnya Anda dapat membuka dan mengikuti hashtag untuk pertandingan sepak bola liga Inggris bila ingin menyimak obrolan seputar tema tersebut yang ramai dibicarakan.

4. Mengelompokkan Postingan Berdasarkan Tema

Apa itu hashtag juga bisa jadi tools Anda dalam mengelompokkan postingan pribadi? Katakanlah Anda biasa mengunggah foto kuliner, gunakan hashtag #KulinerSurabaya untuk menyatukan postingan-postingan terkait.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *