Fungsi Slogan Pada Sebuah Produk – Slogan merupakan salah satu hal yang melekat pada brand produk besar. Selain sebagai identitas, peranannya juga bukan hanya untuk membujuk, namun juga banyak meninggalkan hal positif terhadap sebuah perusahaan. Sebuah merk akan kian kuat pengaruhnya apabila ditunjang dengan slogan atau kata-kata khusus yang terus diulang.
Slogan sendiri adalah kalimat pendek yang memiliki daya tarik tertentu kepada khalayak untuk melakukan sebuah aksi atau sesuatu. Komposisi dan kombinasi kata yang tepat dapat menjadi sarana ajakan atau dorongan bagi audiens untuk membeli suatu barang atau produk tertentu.
Pengertian dan Ciri Ciri Slogan
Bila merujuk kamus besar bahasa Indonesia, slogan sendiri merupakan sebuah susunan kalimat pendek menarik mudah diingat berisi ideologi sebuah golongan tertentu. Serangkaian frasa atau kalimat pendek dengan susunan tertentu yang ditulis dalam sebuah teks memang mempunyai sifat mengajak. Akan tetapi ketika sebuah slogan dilafalkan akan memunculkan nada tertentu. Kombinasi beberapa kata dapat dikatakan sebagai slogan apabila mempunyai ciri seperti :
- Susunan kalimatnya singkat dan mudah untuk diingat.
- Bisa berbentuk klausa, frasa, kalimat atau dapat juga motto.
- Bisa disebut sebagai semboyan sebuah organisasi atau pihak tertentu.
Sebelum kita mengetahui apa saja fungsi dari slogan, mungkin kita juga harus tahu bagaimana penulisan slogan yang baik. Berikut beberapa syarat penulisan slogan yang sebaiknya harus dipatuhi seperti :
- Bahasa atau kalimatnya singkat namun padat sehingga bisa terbaca dengan cepat.
- Autentikasi atau keaslian dari sisi ide komposisi kalimatnya.
- Kalimat slogan dengan visi misi sesuai dengan tujuan bisnis maupun pihak yang mengeluarkannya.
- Mempunyai sisi estetika dari kata atau kalimatnya sehingga mampu menarik perhatian pembaca.
Dari ciri-ciri dan syarat penulisan tersebut tidak mengherankan bila akhirnya tidak banyak orang bisa membuat kombinasi kata khusus untuk slogan. Sehingga tak jarang perusahaan mempunyai tim tersendiri atau menggunakan jasa branding untuk menetapkan mantra tertentu yang menggambarkan citra perusahaannya lewat slogan.
Fungsi Slogan Pada Sebuah Produk
Setelah mengetahui apa saja ciri dan cara penulisan slogan yang baik maka selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi slogan. Secara umum ada tiga fungsi utama slogan, beberapa fungsi tersebut meliputi peranan-peranan sebagai berikut :
1. Informasional
Sifatnya informasional sebab slogan memang mengandung berbagai informasi untuk khalayak yang menjadi target pemasaran suatu produk maupun jasa. Misalnya sisi informasional dalam sebuah produk komersial shampo anti ketombe, maka slogan dapat memberitahukan fungsi serta keunggulannya dari produk tersebut.
2. Transformasional
Transformasional artinya mempunyai sifat yang lebih ke berbagai penayangan iklan dalam bidang jasa. Sifat ini dapat mempengaruhi sikap khalayak atau mengajak banyak orang melakukan sesuatu. Misalnya saat pandemi masih melanda, pemerintah membuat sebuah iklan gerakan untuk patuh pada protokol kesehatan.
Kita juga dapat melihat tagline kemerdekaan RI tahun 2022 yang mempunyai tema Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk peranan slogan jasa yang tidak hanya berperan terhadap produk barang namun juga untuk layanan masyarakat.
3. Reminder
Reminder atau pengingat merupakan fungsi yang ditujukan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan hal yang sama. Contohnya untuk tidak lupa memakai helm ketika berkendara, selalu memasang sabuk pengaman ketika mengendarai mobil dan lainnya.
Intinya adalah ketiga fungsi tersebut saling berkesinambungan, sebab ketika sudah mencapai transformasi, demi bisa konsisten dibutuhkan reminder. Mantra yang baik adalah mantra yang pemilihan katanya sederhana, akan tetapi mempunyai ciri khas dan mudah diingat oleh banyak orang.