Mengenal Link Dofollow dan Nofollow Dalam SEO – Backlink adalah istilah dalam optimasi mesin pencari (SEO) yang merujuk pada tautan hyperlink yang mengarah ke sebuah halaman web dari situs web lain. Dalam konteks SEO, backlink dapat membantu meningkatkan otoritas dan peringkat halaman web yang menerima backlink tersebut.
Backlink juga sering disebut sebagai inbound link, incoming link, atau incoming hyperlink. Setiap kali situs web lain memberikan tautan yang mengarah ke halaman web Anda, itu dianggap sebagai “endorsement” dari situs web tersebut. Semakin banyak situs web berkualitas yang memberikan tautan ke halaman web Anda, semakin tinggi otoritas dan peringkat halaman web Anda di mata mesin pencari.
Mengenal Link Dofollow dan Nofollow Dalam SEO
Namun, bukan hanya kuantitas backlink yang penting. Kualitas backlink juga penting untuk meningkatkan peringkat halaman web Anda. Backlink dari situs web berkualitas dan terkait dengan topik yang sama dengan halaman web Anda akan lebih berharga daripada backlink dari situs web yang tidak berkualitas atau tidak terkait.
Selain itu, terlalu banyak backlink dari situs web yang tidak berkualitas atau dianggap sebagai spam oleh mesin pencari. Sebab hal ini dapat merugikan peringkat halaman web Anda dan bahkan dapat menyebabkan penalti dari mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk membangun backlink secara organik dengan fokus pada kualitas daripada kuantitas.
Backlink dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu backlink dofollow dan nofollow. Perbedaan antara keduanya terletak pada atribut “rel” pada tag HTML. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai keduanya :
1. Backlink dofollow
Ini adalah jenis backlink yang tidak memiliki atribut “rel” nofollow pada tag HTML. Backlink dofollow dianggap sebagai rekomendasi dari situs web lain yang memberikan backlink tersebut. Sehingga backlink dofollow akan membantu meningkatkan otoritas dan peringkat halaman web yang menerima backlink tersebut. Oleh karena itu, backlink dofollow memiliki dampak yang lebih signifikan pada SEO website.
2. Backlink nofollow
Ini adalah jenis backlink yang memiliki atribut “rel” nofollow pada tag HTML. Backlink nofollow tidak dianggap sebagai rekomendasi dari situs web lain yang memberikan backlink tersebut. Sehingga backlink nofollow tidak memiliki dampak yang signifikan pada peringkat halaman web. Namun, backlink nofollow masih memiliki nilai untuk diversifikasi profil backlink dan untuk mencegah terlalu banyak backlink dofollow yang dilihat oleh mesin pencari sebagai manipulasi atau spam.
Penting untuk dicatat bahwa backlink dofollow dan nofollow harus dilihat dalam konteks keseluruhan profil backlink. Profil backlink yang seimbang antara backlink dofollow dan nofollow dari situs web yang berkualitas dan terkait dengan topik yang sama. Keduanya akan membantu meningkatkan otoritas dan peringkat halaman web Anda.
Jika Anda mencoba untuk memanipulasi peringkat halaman web dengan cara membangun backlink secara tidak alami dan berlebihan. Contohnya seperti membeli backlink dari jasa SEO, atau menempatkan backlink di situs web yang tidak berkualitas atau tidak terkait.
Maka hal ini dapat merugikan peringkat halaman web Anda dan bahkan dapat menyebabkan penalti dari mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk membangun backlink secara organik dengan fokus pada kualitas daripada kuantitas, dan memiliki profil backlink yang seimbang antara backlink dofollow dan nofollow.