Cara Membuat Hashtag Video YouTube

Cara Membuat Hashtag Video YouTube – Sebagai seorang konten kreator dalam youtube tentu kita tahu bagaimana peran penting hashtag. Fitur yang satu ini memegang peranan penting agar video kita mudah ditemukan oleh pengguna dan mendapatkan banyak view. Namun bagaimana cara membuat hashtag video youtube agar mudah mendapatkan view?

Mengenal Hashtag Video Youtube dan Fungsinya

Hashtag adalah tanda pengenal yang digunakan untuk membuat konten lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. Di YouTube, hashtag berfungsi sebagai kata kunci yang membantu pengguna menemukan video yang terkait dengan topik tertentu.

Misalnya, jika seorang pengguna mencari video tentang “memasak”, mereka dapat mencari dengan hashtag seperti #memasak atau #resep. Ini membantu memfasilitasi pencarian video yang relevan dengan topik yang dicari oleh pengguna dan membuat video yang lebih mudah ditemukan oleh orang lain. Hashtag pada video YouTube memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  • Mempermudah pencarian : Hashtag membantu pengguna menemukan video yang sesuai dengan kata kunci yang dicari.
  • Meningkatkan visibilitas video : Hashtag membantu video Anda muncul di hasil pencarian dan mempermudah pengguna untuk menemukan video Anda melalui hasil pencarian.
  • Berkolaborasi : Hashtag memungkinkan pengguna untuk menemukan video lain yang berkaitan dengan topik yang sama dan berkolaborasi dengan pengguna lain yang memiliki minat yang sama.
  • Mempermudah mengikuti trend : Hashtag membantu pengguna untuk mengikuti trend dan topik terbaru yang sedang hangat dibicarakan.
  • Mengaktifkan komunitas : Hashtag membantu membentuk komunitas pengguna yang berbagi minat yang sama dan membantu mempererat hubungan antar pengguna.

Cara Membuat Hashtag Video YouTube

Untuk membuat hashtag di video YouTube, pertama-tama pastikan bahwa akun YouTube Anda sudah terhubung dengan akun Google. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka video YouTube yang ingin Anda tambahkan hashtag.
  2. Klik tombol “Edit Video” di bagian atas halaman.
  3. Cari bagian “Judul” dan “Deskripsi”.
  4. Tambahkan hashtag yang relevan dengan video Anda. Gunakan tanda pagar (#) sebelum kata kunci. Misalnya, #YouTubeTips.
  5. Pastikan untuk tidak menambahkan hashtag yang tidak relevan dengan video Anda.
  6. Klik tombol “Publish” untuk menyimpan perubahan.

Dengan menambahkan hashtag pada video YouTube, Anda dapat membantu video Anda untuk ditemukan oleh penonton yang tertarik dengan topik yang sama. Juga, pastikan untuk membatasi jumlah hashtag yang digunakan, sekitar 3-5 hashtag saja. Terlalu banyak hashtag dapat membuat video Anda terlihat spammy dan tidak profesional.

Agar dapat membuat hashtag yang paling sesuai untuk konten kita bisa menggunakan beberapa tools khusus. Ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk melakukan riset hashtag video pada YouTube, di antaranya :

  • Keyword Tool – ini adalah alat bantu yang membantu Anda menemukan hashtag populer untuk video Anda.
  • Google Trends – ini adalah alat riset trend dari Google yang membantu Anda melihat bagaimana hashtag tertentu berkembang dalam beberapa waktu. Tools ini banyak digunakan baik perorangan hingga jasa konten marketing.
  • Social Blade – ini adalah alat analitik YouTube yang membantu Anda menganalisis statistik dan trending topic pada YouTube.
  • Hashtagify – ini adalah alat riset hashtag populer yang membantu Anda menemukan hashtag terkait dan trend pada industri tertentu.
  • Brand24 – ini adalah alat monitoring media sosial yang membantu Anda melacak dan analisis hashtag pada platform media sosial.
  • Hootsuite – ini adalah alat manajemen media sosial yang membantu Anda melacak dan analisis hashtag pada berbagai platform media sosial, termasuk YouTube.

Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat melakukan riset dan memilih hashtag yang tepat untuk video YouTube Anda untuk membantu mempromosikan dan memperluas jangkauan video Anda.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Post