Cara Menentukan Target Audience Untuk Iklan – Seperti yang kita ketahui bahwa internet merupakan sebuah platform yang dapat tetap bertahan walaupun keadaan di dunia nyata sedang tidak stabil. Sehingga Anda dapat mengandalkan Internet untuk meningkatkan penjualan bisnis. Untuk memulainya pertama-tama adalah dengan cara menentukan target audience.
Cara Menentukan Target Audience Untuk Iklan
Dengan internet Anda dapat menjangkau siapa saja sebagai calon konsumen, namun menentukan siapa yang bisa menjadi target audience adalah langkah awal untuk membuat pemasaran yang efektif. Dengan target yang lebih tertuju tentu Anda akan lebih menghemat biaya pemasaran. Untuk lebih jelasnya betikut adalah beberapa cara menentukan target audience untuk iklan :
1. Melihat manfaat produk atau layanan Anda
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat produk atau layanan Anda untuk menilai sebetulnya siapa audience yang tepat. Sebagai contoh, misalnya Anda menjual produk makanan bayi, tentu Anda harus memasarkan produk tersebut kepada mereka yang mempunyai bayi.
Umumnya mereka yang mempunyai bayi telah berusia di atas 21 tahun dan sudah menikah. Selain itu umumnya mereka berasal dari kalangan menengah karena umumnya kalangan inilah yang suka mencari produk makanan secara online. Tulis semua kriteria audiens tersebut untuk nantinya dapat Anda masukkan ketika membuat iklan Google, Facebook dan platform lainnya.
2. Melihat tema produk
Perhatikan pula tema produk, sebab produk yang sama bisa saja mempunyai target pasar yang berbeda. Contohnya produk baju kerja yang lebih cocok untuk mereka yang berusia 20 tahunan dan tinggal di kota-kota besar atau sibuk. Contoh lain bila Anda berjualan tas maka kira-kira golongan usia berapa dan mereka yang dari status sosial apa yang tertarik dengan produk tersebut. Hal ini akan berpengaruh terhadap cara Anda untuk memasarkan produk tersebut.
Dari beberapa informasi singkat ini Anda bisa segera memutuskan kutipan atau caption seperti apa yang paling sesuai untuk memasarkan produk Anda. Selain itu Anda juga akan tahu desain promosi seperti apa yang paling tepat.
3. Menentukan gender
Produk yang berbeda tentu mempunyai perbedaan dalam target gender atau peminatnya. Contohnya produk kosmetik yang kebanyakan di sukai oleh perempuan, sedangkan produk terkait otomotif akan lebih di sukai oleh para pria. Hal ini merupakan elemen yang sangat signifikan dalam pemasaran digital. Setelah kita dapat menentukan target gender tentunya akan mempermudah dalam membuat strategi pemasaran, konten hingga menginputkan gender ketika melakukan iklan online.
4. Menggunakan alat riset tertentu
Bila Anda masih bingung mengenai target pasar maka dapat menggunakan alat riset seperti halnya Google Analytics, Google Trends dan lainnya. Kedua tools tersebut akan membantu Anda untuk mencari tahu siapa saja target audience yang paling relevan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan jasa iklan online yang telah berpengalaman dan terpercaya.