Mengenal Brand Audit – istilah brand audit atau audit merk mungkin masih terdengar asing untuk kita, namun pada kalangan bisnis mungkin sudah tidak asing lagi. Brand audit kerap dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam branding yang dilakukan perusahaan atau bisnis nantinya.
Mengingat pentingnya melakukan audit merk ini tentu kita harus mengenal istilah ini lebih lanjut. Selain itu kita juga harus tahu kapan harus melakukannya serta bagaimana cara kerjanya, untuk itu kita simak lebih lanjut pembahasan berikut.
Mengenal Brand Audit dan Kapan Dilakukannya
Brand audit adalah proses evaluasi sistematis dan komprehensif dari sebuah merek atau identitas perusahaan. Tujuannya adalah untuk menentukan kinerja merek dan bagaimana merek terlihat oleh audiensnya. Brand audit membantu perusahaan atau bisnis untuk mengevaluasi kondisi merek saat ini dan membuat rekomendasi untuk peningkatan dan perbaikan. Peran penting dari brand audit adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan Kemampuan Merek
Brand audit membantu perusahaan atau bisnis untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan merek, sehingga mereka dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja merek.
2. Memastikan Konsistensi Merek
Brand audit memastikan bahwa identitas merek diterapkan secara konsisten dalam seluruh aspek bisnis, seperti produk, layanan, komunikasi, dan promosi.
3. Meningkatkan Visibilitas Merek
Brand audit membantu perusahaan atau bisnis untuk memastikan bahwa merek terlihat dan dikenali oleh audiens mereka dengan jelas dan membedakan dari pesaing.
4. Memperkuat Loyalitas Pelanggan
Brand audit membantu perusahaan atau bisnis untuk memastikan bahwa merek memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, sehingga memperkuat loyalitas pelanggan terhadap merek.
5. Meningkatkan Nilai Merek
Brand audit membantu perusahaan atau bisnis untuk meningkatkan nilai merek dengan meningkatkan kinerja merek dan memastikan konsistensi identitas merek.
Dengan demikian, brand audit memainkan peran penting dalam memastikan kesuksesan jangka panjang sebuah perusahaan atau bisnis. Memahami kinerja merek dan membuat perbaikan yang diperlukan dapat membantu perusahaan atau bisnis untuk mempertahankan posisi mereka dan memperkuat pangsa pasar mereka.
Waktu yang tepat untuk melakukan brand audit bergantung pada kebutuhan perusahaan atau bisnis. Beberapa perusahaan melakukan brand audit secara berkala setiap tahun, sementara yang lain melakukannya setiap beberapa tahun sekali. Namun, beberapa situasi tertentu seperti :
- Perubahan strategi bisnis
- Perubahan pasar
- Perubahan kompetisi
- Penjualan tiba-tiba menurun
- Kehilangan konsumen
- Perluasan Brand
- Tidak menyadari kelemahan brand
Beberapa hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa waktu yang tepat untuk melakukan brand audit. Secara umum, waktu yang tepat untuk melakukan brand audit adalah ketika perusahaan atau bisnis ingin memastikan bahwa mereka memahami posisi mereka di pasar dan memastikan bahwa mereka memiliki strategi dan program yang efektif untuk mempertahankan atau memperkuat mereka.
Cara Kerja Brand Audit – Audit Merk
Setelah mengetahui tentang istilah brand audit dan kapan waktu yang tepat melakukan atau di momen apa harus melakukannya, selanjutnya kita akan membahas tentang cara melakukannya. Secara umum, cara kerja brand audit dalam sebuah perusahaan atau bisnis melibatkan tiga tahap utama :
1. Perencanaan dan Preparasi
Tahap ini melibatkan pengumpulan data dan informasi seperti informasi pasar, informasi kompetitor, informasi konsumen, dan informasi internal seperti strategi bisnis, program pemasaran, dan laporan keuangan.
2. Analisis Data
Tahap ini melibatkan pengolahan dan analisis data dan informasi yang dikumpulkan selama tahap perencanaan dan preparasi. Ini memungkinkan tim brand audit untuk menentukan posisi perusahaan di pasar dan memahami kekuatan dan kelemahan mereka.
3. Rekomendasi dan Implementasi
Tahap ini melibatkan pembuatan rekomendasi dan saran yang berdasarkan hasil analisis data dan membantu perusahaan atau bisnis meningkatkan strategi dan program mereka. Ini juga melibatkan implementasi rekomendasi dan saran melalui perubahan internal dan strategi bisnis.
Secara keseluruhan, brand audit membantu perusahaan atau bisnis memahami posisi mereka di pasar. Selain itu juga untuk memastikan bahwa mereka memiliki strategi dan program yang efektif untuk mempertahankan atau memperkuat mereka. Dengan prosesnya yang cukup sulit tak jarang banyak perusahaan atau bisnis yang menggunakan jasa branding yang banyak bermunculan.