Website yang sudah di optimisasi merupakan poin penting agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari—. Beberapa pemilik website tidak tahu bagaimana cara meningkatkan visibiltas website, hal inilah yang membuat website susah di temukan oleh Google. Salah satu cara meningkatkan traffic pada website adalah dengan memanfaatkan media sosial, yang bisa terintegrasi link menyambung halaman website. Perlu anda sadari, bahwa visibilitas website yang jelek mampu menimbulkan beberapa risiko seperti kehilangan peluang bisnis yang berharga dan kesulitan bersaing dengan kompetitor, efek negatif pada mesin pencari dan kurangnya traffic website, kurangnya kesadaran merek dan penjualan yang rendah. Untuk penjelasan lebih lanjut akan di jelaskan di bawah ini!
Risiko Website Tidak Terintegrasi
1. Kehilangan Peluang Bisnis dan Kesulitan Bersaing
Rendahnya visibilitas dapat berarti Anda melewatkan peluang bisnis dan klien potensial yang mungkin mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dalam industri yang kompetitif, ketidakmampuan untuk bersaing secara online dapat menghambat pertumbuhan bisnis Anda.
2. Efek Negatif Pada Mesin Pencari dan Kurangnya Traffic Website
Mesin pencari seperti google sering menggunakan faktor visibilitas dan klik untuk menilai kualitas serta relevansi situs web. Jika situs tidak muncul dalam hasil pencarian peringkat SEO website dapat turun. Hal ini membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan visibilitas di masa depan. Ketika visibilitas website rendah, maka jumlah pengunjung yang datang ke situs anda juga akan rendah. Ini dapat mengurangi peluang untuk berinteraksi dengan calon pelanggan dan konversi penjualan.
3. Kurangnya Kesadaran Merek dan Penjualan Yang Rendah
Jika website tidak terlihat di hasil pencarian atau kurang eksposur online, maka mungkin orang tidak akan tahu tentang merek atau layanan yang anda tawarkan. Ini bisa menghambat upaya membangun kesadaran merek. Dengan sedikit lalu lintas yang datang ke situs website, kemungkinan konversi menjadi penjualan atau pelanggan baru juga berkurang. Ini berdampak langsung pada pendapatan dan pertumbuhan bisnis.
Baca Juga : Pengertian SEO Off Page Serta Keuntungannya
Manfaat Dari Integrasi SEO dan Sosial Media
1. Meningkatkan Visibilitas Online
Integrasi SEO dan media sosial dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web anda dalam hasil pencarian mesin pencari. Link dari platform media sosial dapat membantu meningkatkan otoritas domain anda, yang merupakan faktor penting dalam peringkat SEO Konten yang dibagikan secara sosial dapat lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari topik atau kata kunci terkait. Ketika konten anda mendapatkan eksposur melalui berbagi di media sosial, ini dapat meningkatkan lalu lintas organik ke situs Anda.
2. Peningkatan Kesadaran Merek
Media sosial adalah platform yang ideal untuk membangun dan memperkuat merek bisnis. Anda dapat menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan audiens Anda, berbagi nilai-nilai merek, dan menciptakan identitas merek yang kuat. Aktivitas media sosial yang teratur dan konten berkualitas dapat membantu menciptakan kesan positif tentang merek di mata pengguna, yang dapat memengaruhi keputusan mereka saat mencari produk atau layanan yang relevan.
3. Data Analitik yang Lebih Kaya dan Peningkatan Otoritas Domain
Kombinasi SEO dan media sosial dapat memberikan akses ke beragam data analitik yang dapat membantu anda memahami perilaku pengguna dan memperbaiki strategi bisnis. Anda dapat melacak pengaruh media sosial terhadap lalu lintas, konversi dan keberhasilan kampanye SEO. Link yang di bagikan dan di sebarluaskan melalui media sosial dapat membantu meningkatkan otoritas domain situs web, yang merupakan faktor penting dalam peringkat SEO. Semakin banyak situs web yang mengaitkan konten anda, semakin baik.
4. Keterlibatan Pengguna yang Lebih Tinggi
Media sosial memungkinkan bisnis andauntuk berinteraksi secara langsung dengan audiens. Anda dapat merespons komentar, pertanyaan, dan masukan dari pengguna, yang dapat meningkatkan keterlibatan mereka dengan merek. Konten yang berbagi secara sosial sering mendapatkan lebih banyak komentar, “like,” dan berbagi, yang memperkuat keterlibatan dan eksposur.
Cara Memaksimalkan Integrasi
1. Buatlah Konten Yang Bermakan dan Mudah Dibagikan
Cara pertama yang bisa anda terapkan adalah usahakan membuat konten yang memiliki isi yang bernilai dan bermakna, juga konten yang menaarik untuk dibagikan oleh konsumen-konsumen lain. Semakin bermakna produksi konten yang anda buat, maka pengguna akan semakin tertarik untuk melihat akun bisnis anda serta membaca postingan bisnis. Konten yang menarik juga mampu membuat pengguna lebih banyak membagikan postingan tersebut ke orang lain, dengan begini traffic website dan sosial media juga akan meningkat.
2. Produksi Konten Dengan Kualitas HD
Jika sosial media bisnis anda memiliki beberapa konten pilar seperti video berbentuk ilustrasi atau teks, usahakan video tersebut tidak pecah saat di upload. Perhatikan lebih lanjut mengenai kualitas video seperti berapa mbnya atau berbentuk landscape atau portrait. Jadi, saat video sampai di hadapan pengguna tidak loading saat di putar. Kualitas video yang baik akan membuat para pengguna lebih nyaman dalam melihatnya serta memahami isi pesan yang ingin disampaikan dari video tersebut.
3. Gunakan Link Tautan
Anda juga bisa memaksimalkan integrasi dengan menyisipkan link tautan pada akun sosial media maupun dalam setiap artikel yang terdapat di halaman website anda. Usahakan link yang di tautkan memiliki URL yang singkat, karena link yang terlalu panjang biasanya membuat pengguna malas untuk mengkliknya. Anda juga bisa menjalin hubungan kerja sama dengan pebisnis atau brand lain dengan menautkan link bisnis pada bio sosial media, sehingga peluang untuk bisnis anda bisa berkembang akan lebih banyak.
4. Bangun Hubungan Dengan Influencers
Cara selanjutnya bisa dengan menjalin hubungan dengan para influencers seperti selebgram, seleb tiktok atau seleb tweet. Sebagai pebisnis, anda pasti setuju bahwa saat ini influencer memiliki kunci yang amat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atau menggerakan masa untuk membeli produk-produk bisnis yang berseliweran di internet (e-commerce). Dengan anda menjaga hubungan baik bersama influencer maka tidak menutup kemungkinan bisnis akan semakin maju dan mampu meningkatkan provit penjualan.
5. Kata Kunci Yang Sesuai
Tidak ketinggalan, anda juga harus memastikan kata kunci yang digunakan pada setiap postingan sosial media dan website merupakan keyword yang relevan dengan isi konten. Anda harus ahli dan mengintegrasikan kata kunci dan frasa ke dalam konten. Lihat kembali apa yang sedang tren akhir-akhir ini, kolaborasikan keyword yang anda temukan dengan tren saat ini untuk menghasilkan konten yang lebih menarik
Kesimpulan
Mengintegrasi SEO dan sosial media pada akun bisnis anda adalah keputusan yang harus di terapkan. Tidak bisa dipungkiri kedua hal ini bisa membantu bisnis anda semakin berkembang dan lebih banyak dikenal oleh pengguna yang lain. Diginext hadir untuk membantu anda memiliki website berbasis SEO serta sosial media yang sudah terintegrasi dengan link bisnis anda sendiri. Anda tertarik? Hubungi kami sekarang juga!
Artikel Lainnya : Cara Membuat Website Yang Seo Friendly