Jenis Konten Marketing yang Efektif – Pemasaran konten atau content marketing merupakan sebuah alat yang efektif digunakan untuk menjangkau banyak audiens. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Dengan memahami konten marketing maka Anda dapat menerapkan stratefi yang efektif untuk keberhasilan perusahaan.
Jenis Konten Marketing yang Efektif Untuk Bisnis
Hal pertama yang harus Anda tahu dari konten marketing ini adalah apa saja jenisnya, dengan begitu Anda akan punya gambaran untuk menggunakan jenis yang mana. Bila Anda masih terbilang awam jangan ragu untuk menggunakan jasa konten marketing yang telah ahli dan berpengalaman. Secara umum berikut beberapa jenis konten marketing yang terbilang efektif untuk sebuah bisnis perusahaan :
1. Blog
Jenis pertama adalah blog yang merupakan konten masuk yang kuat serta memungkinkan Anda melakukan banyak kreativitas untuk berbagai tujuan maupun topik. Melalui blog Anda dapat memasarkan konten promosi baik internal maupun eksternal, artikel hingga informasi mengenai suatu produk atau layanan.
Selanjutnya agar blog mendatangkan banyak audiens maka harus melakukan optimasi mesin pencari atau search engine optimation. Konten yang berkualitas dan optimasi dalam hal SEO merupakan dasar dari jenis konten marketing via blog.
2. Media sosial
Dibandingkan jenis lainnya, jenis konten media sosial adalah tentang membuat orang atau audiens melihat dan meresponnya secara langsung. Jadi disini Anda perlu mendapatkan audiens yang sesuai dengan brand Anda atau membuat konten yang sesuai untuk mereka.
Disini Anda harus paham cara menganalisis analitik media sosial untuk mengetahui minat dari para audiens. Dari sini kita akan tahu apakah mereka lebih menyukai postingan berbentuk video, foto, postingan serius hingga lucu dan sebagainya. Media sosial juga kerap digunakan sebagai sarana untuk mengarahkan audiens ke situs atau blog.
3. Infografis
Selanjutnya ada infografis yang menjadi jenis konten marketing yang kreatif untuk menampilkan konten, informasi hingga data dalam bentuk grafik yang mudah dipahami. Dipadukan dengan caption atau keterangan sederhana, pernyataan singkat hingga gambar yang jelas akan membuat infografis lebih mudah dipahami. Jenis ini juga cocok untuk Anda yang ingin menyaring informasi yang kompleks agar dapat dipahami oleh semua audiens.
4. Video
Salah satu jenis yang sudah cukup populer adalah jenis konten video dimana pada audiens umumnya akan menghargai dan tertarik dengan konten visual. Teknik yang satu ini merupakan cara yang cepat dan efisien untuk berbagi mengenai produk, layanan hingga merk atau brand Anda.
Jadi bila brand produk maupun layanan Anda akan sangat cocok bila dibuatkan dalam bentuk video dan audiens akan meresponnya dengan baik maka konten video layak dipertimbangkan. Namun hal lainnya yang harus dipikirkan disini adalah kesesuaian konten video tersebut dengan pilihan platform untuk memasarkan konten tersebut.
5. Influencer
Bila berbicara mengenai sosial media pastinya juga akan terkait dengan influencer. Bila Anda menyasar konten sosial media juga dapat memanfaatkan jasa para influencer untuk meningkatkan brand awareness produk atau layanan Anda. Sebab para influencer merupakan orang yang mempunyai pengaruh dan jangkauan yang kuat di platform media sosial.
Mereka memberi Anda jalan lain untuk mempromosikan perusahaan dan konten Anda sambil menjangkau audiens yang mungkin belum pernah Anda jangkau sebelumnya. Pastikan untuk memilih influencer yang akan menarik jenis audiens yang ingin Anda jangkau.