Kecerdasan chatbot pada live chat sejatinya menggunakan kecanggihan pada AI— Pasti anda setuju bukan? Kemajuan teknologi digital sudah tidak bisa diragukan lagi kecerdasannya, bahkan beberapa robot yang sudah dipublikasikan dinilai memiliki kepintaran layaknya otak manusia. Kecerdasan pada teknologi robot inilah yang bisa di implementasikan dalam dunia bisnis, khususnya menjadi jembatan komunikasi penghubung antara audiens dengan customer service ataupun pemilik bisnis.
Salah satu kecanggihan dari kemajuannya teknologi saat ini adalah AI (Artificial Intelligence). AI merupakan kecerdasan buatan dari pengembangan sistem komputer, dimana perannya membantu sistem untuk dapat memahami, mengolah, merencanakan layaknya seperti akal manusia. Ada banyak berbagai hasil produk dari AI seperti chatbot, yang mana chatbot mampu membalas pesan manusia menggunakan sistem yang sudah di buat tanpa manusia harus membalas pesan dari audiens lain.
Apa Itu Chatbot?
Beberapa orang mungkin sudah pernah mendengar bahkan mengetahui pengertian dari bot itu sendiri apa. Namun, sisanya apakah benar sudah memahami chatbot itu apa? Chatbot merupakan sebuah program komputer yang dirancang agar bisa berinteraksi layaknya manusia seperti mampu membalas pesan hingga suara. Chatbot dinilai lebih praktis dan efisien dalam membantu menangani keluhan hingga tiap pertanyaan yang diajukan oleh audiens kepada bisnis yang dituju. Jika dahulu, jika seseorang ingin bertanya mengenai bagaimana cara melakukan refund atas barang yang sudah dibeli namun salah ukuran harus melakukan panggilan pada toko bisnis tersebut, maka saat ini hanya dengan mengajukan keluhan dan pertanyaan terkait salah ukuran baju bisa dilakukan melalui fitur live chat yang bisa dengan mudah dijumpai pada laman website bisnis. Secara ringkash, kegunaan dari chatbot ini adalah menyediakan solusi cepat dan efisien untuk setiap pertanyaan atau kendala yang dialami oleh audiens. Sangat memudahkan kedua belah pihak bukan?
Chatbot Pada Layanan Customer Service
Chatbot dalam layanan customer service adalah hal yang sangat biasa digunakan. Pasalnya para customer service tidak perlu membalas pesan pelanggan satu persatu, tetapi bisa dialihkan dengan chatbot dimana para pelanggan hanya dengan mengklik button keluhan yang dialami maka masalah bisa dapat terselesaikan tanpa waktu yang lama. Adanya kecerdasan dari chatbot ini juga sedikit meringankan beban kerja pada para karyawan pada divisi customer service. Wah, benar-benar sangat membantu manusia ya? Manfaat lain dari chatbot untuk layanan customer service, simak berikut ini!
Responsif 24/7
Manfaat dari chatbot untuk layanan customer service memang tidak bisa ditepis. Karena dengan hadirnya chatbot ini, para karyawan customer service tidak harus standby membalas pesan para pelanggan selama 24 jam, karena chatbot bisa kapanpun di akses dan membantu menangani keluhan para pelanggan. Chatbot dalam dengan cepat memberikan balasan yang responsif dan tanggap, sehingga pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan jawaban dari setiap keluhan yang dihadapi sekalipun sedang mengirimkan pesan ke customer service diluar jam kerja. Keren kan?
Skalabilitas
Chatbot bisa mengirimkan pesan sekaligus pada dua hingga lebih ke akun pelanggan dengan menjawab pertanyaan yang berbeda-beda sehingga bisa membantu para staff customer service untuk tidak merasa kelelahan yang berlebih karena harus membalas satu per satu pesan yang masuk dari pelanggan. Hal ini tentu sangat membantu perusahaan untuk mengatasi lonjakan terhadap permintaan mengenai tanggapan keluhan dari banyaknya pelanggan.
Efisiensi Biaya
Chatbot juga mampu menegurangi pengeluaran pada perusahaan, dimana tidak perlu lagi membutuhkan para karyawan customer service dalam jumlah yang banyak. Karena posisi ini bisa digantikan oleh chatbot, sehingga dana yang ada bisa di alihfungsikan untuk kepentingan hal yang lain. Hal ini menjadikan chatbot memiliki poin plus yang sangat menguntungkan perusahaan.
Jawaban Konsisten
Dengan chatbot juga, jawaban pada fitur layanan live chat pada customer service yang diberikan pada pelanggan juga selalu konsisten. Berbeda dengan customer service manusia dimana jawaban seringkali berubah-ubah kalimatnya. Dengan menggunakan skrip yang sudah ditentukan oleh perusahaan melalui chatbot, hal ini membuat pengembangan brand semakin terlihat mantap dan keren dimata pelanggan karena jawaban yang diberikan oleh chatbot selalu konsisten mengenai merek, kebijakan perusahaan hingga pertanyaan keluhan lainnya yang sering dialami oleh pelanggan.
Baca Juga : Apa Saja Fitur Utama ERP yang Paling Dibutuhkan?
Apa Itu Live Chat?
Live Chat merupakan sebuah fitur yang sering ditemukan pada laman website sebuah brand. Dimana fitur ini yang mampu menyambungkan pelanggan dengan perusahaan, sebagai wadah untuk mengajukan pertanyaan hingga memberikan informasi mengenai keluhan yang dihadapi pelanggan. Terlepas dari itu, layanan live chat ini juga di dukung oleh chatbot untuk memudahkan perusahaan dalam merespon pelanggan. Jadi pelanggan tidak merasa kesal apabila pesannya di balas lama, karena chatbot bisa merespon setiap pesan dengan cepat. Jadi fitur live chat yang dimana chatbot diterapkan disini merupakan sebuah kemajuan teknologi yang sangat membantu kehidupan berbisnis manusia.
Fitur live chat biasanya mengarahkan para pelanggan langsung ke akun WhatsApp perusahaan terkait, seperti yang ada pada laman website Diginext. Dengan live chat, pelanggan merasakan pengalaman yang lebih personal karena dapat berkomunikasi langsung dengan seorang agen atau customer service perusahaan. Ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan dukungan yang lebih individual dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Diginext turut memanfaatkan fitur live chat di laman resmi diginext.co.id yang bertujuan menunjukkan ketersediaan dan keterbukaan dalam membantu pelanggan sehingga tercipta loyalitas dan kepercayaan perlanggan.
Fitur ClickWhatsApp by Diginext
Fitur live chat tidak hanya dikembangkan untuk kebutuhan website, namun bisa juga dapat diintegrasikan ke berbagai jenis aplikasi berbasis website. Dalam menjalankan bisnis proses perusahaan, Diginext menggunakan sistem manajemen perkantoran yang dinamai ClickERP. Untuk memfasilitas kebutuhan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, Diginext mengembangkan fitur live chat di dalam sistem clickERP yang dikenal sebagai clickWhatsApp. Prinsip kerja clickWhatsApp adalah menghubungkan nomor ponsel perusahaan dengan sistem clickERP melalui suatu chat connector.
Setiap agen atau customer service di perusahaan tidak perlu lagi merasa khawatir melewatkan chat dari pelanggan karena fitur clickWhatsApp dapat mengklasifikasikan setiap chat yang masuk menjadi beberapa stage, yaitu Put Back to Queue, Transfer dan Handled by Administrator.
Perbedaan Chatbot VS Live Chat
Berbicara mengenai chat bot dan live chat, adapun beberapa perbedaan yang cukup terlihat jelas diantara kedua. Berikut beberapa perbedaan yang wajib anda ketahui!
1. Komunikasi
Perbedaan yang pertama ialah mengenai komunikasi. Berhubung chatbot merupakan sebuah sistem yang sudah disetting untuk menjawab permasalahan pelanggan sehingga komunikasi yang berjalan ialah searah, dimana hanya chatbot sajalah yang selalu memberikan jawaban dan terkadang respon balasan yang dikirimkan kembali kurang tepat atau tidak nyambung terhadap keluhan yang dimiliki pelanggan. Berbeda dengan live chat, dimana di dalam fitur ini selain ada chatbot juga tetap masih ada manusia sehingga komunikasi yang terjalin berlangsung dua arah dan timbal balik.
2. Responsitivitas
Hal ini bersinggungan dengan hal yang sudah dibahas diatas, bahwa mengenai kecepatan dalam merespon tentu saja dimenangkan oleh chatbot. Karena live chat masih menggunakan tenaga manusia, dimana adanya keterbatasan waktu. Ada waktu dimana para customer service melakukan aktivitas lain seperti ke toilet atau makan siang. Tentunya hal ini merupakan sebuah perbedaan yang mencolok antara chatbot dan live chat. Apakah anda setuju?
3. Kemampuan
Mengingat chatbot dibuat oleh sistem, sehingga kemampuan untuk menindaklanjut setiap keluhan pelanggan tidak sepenuhnya bisa terselesaikan. Berbeda dengan live chat yang masih menggunakan tenaga manusia, dimana mampu merespon setiap permasalahan pelanggan sampai ke tahap lebih lanjut hingga tuntas. Disinilah keunggulan dari live chat di banding chatbot.
4. Fleksibilitas
Live dinilai lebih fleksibel dan adaptif dibandingkan chabot. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan live chat bisa merespon lebih jelas dan disesuaikan dengan konteks pertanyaan dan kebutuhan dari pelanggan. Sedangkan chatbot memiliki keterbatasan dalam dalam menangani permasalahan yang tidak terprogram di sistem.
Hal yang perlu di garis bawahi, bahwa baik live chat dan chatbot tidak bisa dipisahkan keduanya karena sama-sama mampu membantu perusahaan atau sebuah bisnis. Anda sedang mencari jasa pembuatan fitur live chat untuk website bisnis anda? Diginext mampu menjawab kebutuhan anda. Hubungi kami sekarang juga!
Artikel Lainnya : Fitur Rekam Medis Elektronik dan Manfaatnya