Strategi Digital Marketing Terbaik

Strategi Digital Marketing Terbaik

Daftar Isi

Strategi digital marketing merupakan sebuah jenis pemasaran untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan menggunakan media digital seperti website, media sosial, dsb.

Dengan digital marketing kita dapat menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan pemasaran secara konvensional. Tentunya hal ini karena kini telah banyak orang yang bisa mengakses internet dengan mudah. Selain itu biaya yang diperlukan untuk melakukan pemasaran digital juga lebih mudah dibandingkan cara konvensional.

Strategi Digital Marketing Terbaik yang Layak Dicoba

Digital marketing sendiri tentunya ada beberapa jenis dimana setiap jenisnya mempunyai cara atau teknik yang berbeda-beda. Bila Anda ingin mencoba pemasaran secara digital, berikut beberapa contoh strategi digital marketing terbaik yang bisa dicoba :

1. Menerapkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah metode untuk membuat situs kita berada di pencarian teratas mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Bila situs kita berada di pencarian teratas tentunya akan banyak orang yang mengunjunginya sehingga kemungkinan untuk konversi ke penjualan bisa lebih besar.

Selain itu kita juga bisa mengincar kata kunci yang lebih potensial sehingga orang yang mencari kata kunci tersebut memang sedang mencari informasi tersebut. Bila mereka tertarik dengan konten pemasaran Anda tentunya peluang untuk menghubungi langsung cukup besar.

Masalahnya ada tinggal bagaimana Anda melakukan closing agar calon konsumen mau melakukan pembelian. Namun menggunakan SEO membutuhkan waktu agar situs kita bisa berada di pencarian teratas. Selain itu memerlukan konsistensi dalam merawatnya agar situs tetap berada di pencarian teratas.

2. Menggunakan iklan pay-per-click advertising

PPC atau pay per click merupakan model pemasaran digital dimana pengiklan harus membayar agar iklan mereka terpasang dan ketika di klik. Umumnya layanan ini disediakan oleh mesin pencari seperti Google Ads, meski begitu kini media sosial juga mempunyai layanan periklanannya.

Perbedaannya disini bila menggunakan layanan iklan dari mesin pencari maka kita memilih kata kunci untuk kita memasang iklan. Sama halnya dengan SEO, namun cara ini bisa menempatkan situs kita berada di urutan teratas mesin pencari tepatnya di baris iklan tersendiri.

Sedangkan layanan iklan pada media sosial umumnya kita diharuskan memilih target pengguna yang digolongkan berdasarkan karakteristik tertentu seperti gender, umur, wilayah, minat, dsb. Nantinya iklan Anda akan ditampilkan pada user tertentu yang ditargetkan pada beranda media sosial target maupun tempat lainnya.

3. Content marketing

Content marketing merupakan strategi digital marketing untuk menjangkau, melibatkan hingga terhubung dengan konsumen melalui berbagai konten. Tujuannya tentu agar brand awareness bisnis Anda meningkat, konten disini dapat berupa artikel, foto, video hingga infografis.

Konten tersebut nantinya bisa Anda pasang baik di website atau blog bisnis hingga sosial media bisnis. Namun tentunya agar dapat dilihat oleh banyak orang maka konten tersebut harus dioptimasi. Sebagai contohnya konten website atau blog yang menggunakan teknik SEO agar bisa ditemukan banyak orang.

Sedangkan untuk konten media sosial adalah bagaimana bisa membuat konten yang menarik secara visual. Untuk optimasinya Anda bisa memaksimalkan penggunaan hashtag serta berbagai cara lain untuk optimasi akun media sosial. Selain itu kita juga bisa menggunakan iklan agar konten brand awareness kita dilihat banyak orang.

4. Memanfaatkan media sosial marketing

Media sosial marketing artinya menggunakan platform media sosial untuk terhubung dengan audien untuk membangun merk atau brand bisnis Anda. Hal tersebut merupakan tujuan awalnya, tentu tujuan lanjutnya adalah meningkatkan trafik dan penjualan.

Sebab kini lebih banyak konsumen yang justru mempunyai banyak pengalaman positif dengan sebuah merk atau brand melalui media sosial. Hal inilah yang membuat penggunaan media sosial dalam digital marketing tidak boleh dikesampingkan.

Ada berbagai jenis media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan sebagainya yang bisa Anda manfaatkan. Namun tentunya setiap media sosial mempunyai treatment atau cara pendekatan yang berbeda-beda. Ada dua hal yang penting yang harus Anda perhatikan disini yaitu membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan rutin menganalisis kompetitor.

5. Email marketing

Terakhir ada email marketing yang berfokus untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan atau konsumen baru. Strategi digital marketing ini merupakan cara yang tepat untuk membangun kesadaran merk atau brand agar tetap diingat hingga mendorong pembelian berulang atau repeat order.

Email marketing ini dilakukan dengan memberikan informasi bermanfaat kepada para konsumen atau calon konsumen. Info ini dapat berupa pemberitahuan peluncuran sebuah produk baru, promo, diskon hingga penawaran khusus. Strategi ini merupakan saluran pemasaran langsung karena akan langsung menyasar konsumen tertentu.

Itulah beberapa contoh strategi terbaik untuk pemasaran digital yang bisa Anda coba untuk membangun dan mengembangkan bisnis. Bila masih terbilang pemula jangan ragu untuk menggunakan jasa digital marketing agar pemasaran digital Anda lebih efektif dan efisien.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *