Pengertian Konten Marketing dan Tujuannya untuk Bisnis

Pengertian Konten Marketing – Istilah konten marketing merupakan hal yang sudah tidak asing di dunia digital marketing, strategi pemasaran ini memegang peranan yang sangat penting. Strategi ini nyatanya dapat diterapkan untuk berbagai jenis dan skala usaha atau bisnis.

Kesempatan untuk keberhasilan strategi ini cukup tinggi dengan biaya yang lebih efisien sehingga dapat membantu meningkatkan performa suatu bisnis. Untuk lebih jelasnya mari kita menyimak tentang pengertian konten marketing ini lebih dulu.

Pengertian Konten Marketing dalam Pemasaran Digital

Pengertian konten marketing disini adalah sebuah strategi pemasaran secara digital dengan cara pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan untuk menarik perhatian target konsumen. Dengan pemasaran konten ini bertujuan untuk membuat calon konsumen juga terlibat hingga akhirnya menjadi pelanggan bisnis tersebut.

Berdasarkan pengertian tersebut maka sebuah pemasaran konten sendiri harus memenuhi 3 syarat penting yaitu penting / bermanfaat, relevan serta konsisten. Karenanya konten untuk kepentingan bisnis tidak boleh dibuat secara asal-asalan. Pastikan konten memang relevan dengan tema atau niche bisnis sehingga memang bermanfaat bagi para konsumen.

Hal penting lainnya adalah pastikan konten tersebut memang penting untuk diketahui calon konsumen. Selain itu faktor konsistensi juga menjadi hal penting untuk menarik perhatian pelanggan.

Agar konten dapat memberikan dampak positif bagi bisnis maka diperlukan konten dalam jumlah banyak dan berkualitas. Tentunya disini juga diperlukan konsistensi dalam pembuatan konten, di samping itu juga perlu diperhatikan unsur konversinya.

Sehingga konten yang sudah dibuat dalam jumlah banyak dan berkualitas tidak hanya sekedar untuk entertain namun juga bisa membuat konsumen menjadi pelanggan. Jadi pastikan konten yang dibuat dapat menarik mereka untuk melakukan aksi pada konten tersebut.

Tujuan Membangun Konten Marketing untuk Bisnis

Dengan manfaatnya yang dapat memberikan dampak positif, banyak bisnis dan usaha yang merambah ranah digital menggunakan strategi konten marketing. Tujuan dibangunnya pemasaran konten ini sendiri adalah sebagai berikut :

1. Membantu meningkatkan brand awareness

Brand awareness merupakan hal yang penting bagi setiap bisnis, khususnya untuk yang baru memulainya. Dengan pembuatan konten secara kontinyu tentunya brand sebuah bisnis bisa dikenal oleh kalangan luas. Hal ini juga akan dapat meningkatkan konversi dan revenue bisnis tersebut.

2. Parameter optimasi SEO

Dalam Search Engine Optimization, konten marketing menjadi salah satu parameter penting yang harus diperhatikan. Tentunya bila situs bisnis telah teroptimasi maka akan mendatangkan trafik yang cukup signifikan.

Namun hal tersebut baru dapat terjadi bila sebuah situs ditopang oleh konten yang berkualitas. Karenanya strategi yang satu ini juga tidak dapat dilepaskan dari SEO dan dengan konten berkualitas juga akan membuat pengunjung tertarik mengunjungi situs Anda.

3. Investasi jangka panjang

Tidak seperti iklan yang memberikan efek instan namun dengan membayar lebih dulu. Produksi konten dan optimasi SEO membutuhkan waktu yang lebih lama namun dapat bertahan lebih lama dan mengjangkau pasar secara optimal.

Karenanya konten lebih dianggap sebagai investasi untuk jangka panjang dibangingkan sebuah iklan. Namun agar bisa bertahan dalam waktu lama dibutuhkan riset lebih dulu untuk mengoptimalkan hasilnya. Untuk itu kita dapat melakukannya dengan mengikuti tren serta menganalisa strategi dari kompetitor.

4. Meningkatkan konversi pelanggan

Dengan konten ini tentunya kita menginginkan konversi dari audiens menjadi konsumen atau pelanggan. Karenanya diperlukan riset untuk merancang dan membangun strategi konten yang tepat.

Dengan melakukan riset maka Anda akan tahu target pasar yang sesuai, siapa kompetitor, keyword atau kata kunci hingga strategi yang tepat dalam menarik audience.

5. Memperoleh kepercayaan pelanggan

Salah satu cara membangun kepercayaan pelanggan adalah dengan membuat strategi pemasaran konten. Tentunya sebelum calon konsumen melakukan transaksi maka meteka akan melakukan riset lebih dulu atau mencari referensi suatu produk.

Dengan konten yang relevan dan berkualitas maka kita dapat meyakinkan calon konsumen untuk mempercayai produk atau brand bisnis kita. Semakin banyaknya konten berkualitas yang dibuat untuk menopang sebuah bisnis maka akan semakin terpercaya bisnis tersebut.

6. Meningkatkan trafik

Tidak hanya sekedar membawa trafik, konten yang berkualitas tentunya juga akan membawa trafik yang berkualitas pula. Konten berkualitas yang menunjang produk atau jasa bisnis tentunya akan membuat konsumen akan terus menunjungi situs Anda. Trafik yang semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitasnya tentu semakin tinggi peluang untuk mengkonversikannya.

7. Mengendalikan biaya pemasaran

Konten marketing juga dinilai lebih mudah dibandingkan strategi pemasaran lainnya hingga 62%. Meski begitu strategi ini juga tetap dinilai lebih efektif untuk menjangkau target pasar yang relecan. Karenanya strategi ini sanagt cocok digunkan untuk bisnis atau usaha yang baru merintis.

Karenanya sangat penting untuk bisa menentukan strategi konten marketing yang tepat agar semakin meningkatkan trafik kepada situs bisnis Anda. Bila Anda masih terbilang pemula maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa konten marketing agar pembuatan konten bisa memberikan dampak positif bagi bisnis Anda.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Post