Cara Beriklan di Instagram Secara Sederhana

Cara Beriklan di Instagram – Media sosial kini sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita. Instagram sendiri menjadi salah satu media sosial yang sudah populer di kalangan masyarakat. Melalui instagram kita dapat berbagi aktivitas dan kenangan kita melalui foto, video, stories hingga reels. Bahkan ada pula yang mencari penghasilan via Instagram dengan berbagai cara. Sudah bukan hal asing lagi kini bila media sosial juga banyak digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi bagi sebagian orang.

Cara Beriklan di Instagram Secara Sederhana

Salah satu cara paling singkat yang bisa kita lakukan adalah dengan beriklan di Instagram untuk memasarkan produk dan jasa bisnis. Melalui Instagram Ads kini kita dapat lebih mendekatkan merk bisnis dengan audiens. Fitur ini sama halnya dengan Google Ads dan Google Ads yang sudah memulainya lebih dulu. Namun bila Anda belum pernah mencoba sebelumnya dapat menggunakan jasa iklan online terpercaya yang telah berpengalaman.

Secara sederhana, cara kerja iklan Instagram adalah dengan pencocokan keyword atau kata kunci dengan target audiens sasaran iklan. Pencocokan ini adalah berdasarkan gender, hobi, usia dan sebagainya. Akan tetapi karena platform ini telah diakuisisi oleh Facebook maka fitur ini hanya dapat digunakan bila kita telah memiliki akun Facebook. Untuk lebih jelasnya, berikut cara beriklan di Instagram secara sederhana :

1. Buka Facebook Ads Manager

Untuk menggunakan fitur ini pertama-tama Anda harus membuka laman Facebook Ads Manager, pastikan Anda telah login ke akun Facebook lebih dulu. Pada fitur tersebut Anda tidak hanya bisa beriklan di Facebook saja, namun juga dapat melakukan iklan di Instagram.

2. Pilih Create Ads

Setelah masuk ke dashboardnya kemudian pilih Create Ads yang ada di bagian kanan atas. Biasanya menu ini akan ditandai dengan tombol berwarna hijau yang mudah terlihat.

3. Pilih Tujuan Beriklan

Setelah itu Anda perlu mengatur setting Instagram Ads lebih dulu sebelum campaign iklan Anda ditayangkan. Terdapat 3 kategori utama tujuan Anda beriklan yang harus dipilih yaitu kesadaran, pertimbangan dan konversi.

  • Kesadaran berhubungan dengan peningkatan brand awareness audiens Instagram terhadap produk atau layanan Anda.
  • Pertimbangan mempunyai tujuan untuk meningkatkan trafik ke website yang Anda miliki.
  • Konversi bertujuan untuk mengkonversi iklan menjadi pemasukan melalui pembelian yang dilakukan audiens terhadap produk atau layanan Anda.

4. Mengatur Target Audiens, Aggaran dan Jadwal Iklan

Langkah selanjutnya Anda diminta untuk mengatur target audiens, jumlah anggaran dan jadwal penayangan iklan. Dalam kolom target Anda harus menentukan persona dari target yang akan menerima iklan berdasarkan usia, gender, letak geografis, bahasa hingga hobi.

Setelah menentukan persona dari target audiens tersebut maka Anda harus mengisi berapa biaya yang ingin dikeluarkan untuk campaign iklan tersebut. Barulah setelah itu Anda akan mengisi kapan jadwal dan berapa lama iklan akan ditayangkan. Beriklan di Instagram sendiri dapat kita lakukan mulai dengan budget Rp 25 ribu, besaran yang cukup terjangkau untuk para pemula.

5. Pilih Format Penayangan Iklan

Langkah selanjutnya adalah memilih format penayangan, disini Anda juga dapat mengunggah gambar yang ingin digunakan untuk beriklan. Tambahkan pula keterangan atau caption pendukung beserta tautan atau link. Tidak hanya dalam bentuk gambar, format yang dipilih dalam bentuk video, slideshow dan collection. Ketika mengisi keterangan bisa dilakukan dengan memilihnya pada kolom atas pilihan Instagram Account, Anda akan diminta memasukkan username dan password lebih dulu.

6. Lakukan Pembayaran

Setelah semua selesai dikeerjakan maka Anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan biaya iklan yang telah ditentukan sebelumnya. Metode pembayarakan juga dapat menggunakan kartu kredit dan kartu debit. Setelah itu pihak Facebook akan mereview kembali apakah pengajuan campaign iklan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan terkait status campaign iklan tersebut.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Post