Tools Content Marketing Maksimalkan Pemasaran Digital

Tools Content Marketing Maksimalkan Pemasaran Digital

Daftar Isi

Tools Content Marketing Maksimalkan Pemasaran Digital – Dalam dunia content marketing kita juga membutuhkan tools untuk mempermudah pekerjaan kita. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam pemasaran digital, konten memegang peranan penting dalam meningkatkan brand awareness kepada user.

Tools Content Marketing Maksimalkan Pemasaran Digital

Karenanya dengan hadirnya beberapa tools khusus tentu akan sangat membantu kita dalam memaksimalkan strategi dalam pemasaran digital tersebut. Lantas apa saja tools tersebut? Berikut adalah beberapa tools content marketing untuk memaksimalkan pemasaran digital :

1. WordPress

WordPress tentu sudah bukan hal asing lagi bagi Anda yang berkecimpung dalam pemasaran digital, tools ini termasuk content management system yang paling banyak diguankan. Sebab kelebihan CMS yang satu ini adalah fitur penunjangnya yang lengkap dan tampilannya yang mudah digunakan.

Bahkan para pemula sekalipun dapat membangun website menggunakan wordpress dengan mudah, belum lagi dengan banyak tutorial yang bisa menjadi referensi. Salah satu fitur yang akan sangat membantu dalam wordpress adalah adanya plugin yang sangat membantu dalam meningkatkan strategi content marketing.

2. Google Trends

Bila Anda ingin mencari topik yang tengah hangat dibicarakan maka Google Trends adalah jawabannya. Topik yang tengah banyak diperbincangkan tentu dapat meningkatkan kunjungan website Anda. Selain mengetahui tren, Anda juga dapat membanding keyword mana yang paling banyak dicari oleh user.

3. Mailchimp

Dalam memaksimalkan content marketing kita juga dapat melakukan email marketing, kini dengan tools Mailchimp kita dapat memaksimalkan email marketing. Dengan tools yang satu ini kita dapat mengumpulkan daftar email user, mengirimkan newsletter hingga menganalisis performanya. Mailchimp dapat memaksimalkan pendistribusian konten lebih baik bila dibandingkan hanya menggunakan website saja.

4. Ahrefs

Sebelum membuat sebuah konten digital tentu kita perlu melakukan riset keyword lebih dulu untuk membantu mengoptimasi rangking konten di mesin pencari. Dengan tampilannya yang cukup sederhana membuat pemula sekalipun akan mudah menggunakannya.

Dengan tools yang satu ini Anda dapat mengetahui volume pencarian hingga tingkat kesulitan atau persaingan sebuah keyword. Sebenarnya selain Aherf kita juga dapat menggunakan tools lain seperti Ubbersuggest, SEMrush hingga Google Keyword Planner.

5. Canva

Tools content marketing selanjutnya adalah canva yang sangat membantu dalam mendesain atau design grafis bahkan untuk pemula sekalipun yang tidak menggunakan jasa konten marketing. Baik menggunakan website maupun sosial media tentu Anda tetap membutuhkan gambar untuk mempercantik konten. Bagi seorang pemula, canva akan sangat membantu dalam mendesain sebuah gambar untuk konten digital Anda.

6. Trello

Selanjutnya adalah tools yang membantu dalam project management dalam content marketing, terutama untuk kolaborasi antar tim dalam satu perusahaan yang sama. Contohnya seperti tim content marketing sebuah perusahaan yang tengah membutuhkan bantuan tim desain untuk mendesain gambar konten. Maka dengan Trello akan menjadi alternatif dalam kolaborasi tersebut, sebab tools ini akan membantu dalam melacak proses dari setiap request item.

7. Google Docs

Google Docs menjadi tools dasar yang sering digunakan dalam content marketing. Umumnya para content writer menggunakan Google Docs sebagai tempat untuk melakukan draft artikel sebelum dipindahkan dan dipublish ke WordPress.

Dengan fitur berbaginya membuat Google Docs juga akan menunjang untuk kolaborasi antar tim tanpa perlu mengirimkan draf konten melalui email. Layanan Google yang satu ini juga dapat kita gunakan secara gratis sehingga akan sangat membantu.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *