Hubungan Branding dengan Design dan Logo Bisnis

Hubungan Branding dengan Design dan Logo Bisnis

Daftar Isi

Hubungan Branding dengan Design dan Logo Bisnis – Branding, design dan logo sebuah bisnis adalah 3 elemen penting yang harus diperhatikan untuk mencapai keberhasilan bisnis. Pelanggan memiliki kecenderungan untuk memilih produk maupun jasa yang sebelumnya sudah mereka kenali brand atau merknya.

Sebab merk atau brand bisa mempunyai kesan kuat di benak masyarakat bila dibangun dan dikembangkan dengan perencanaan yang tepat dan strategis. Sebagai contoh bila membicarakan smartphone tercanggih mungkin kita akan memikirkan Apple yang didesain secara elegan dan minimalis.

Hal ini merupakan keberhasilan dari manajemen merek yang mumpuni, karenanya Anda perlu memahami pentingnya branding serta hubungannya dengan logo dan desain sebuah bisnis.

Hubungan Branding dengan Design dan Logo Bisnis

Brand dapat diartikan sebagai kumpulan atribut yang melekat dalam sebuah bisnis yang menjadi identitas bisnis tersebut. Identitas ini baik berupa atribut yang berwujud maupun tidak berwujud, sedangkan brand sendiri bukan hanya sekadar nama perusahaan atau bisnis.

Brand sendiri mencakup identitas perusahaan yang terdiri mulai dari logo, warna, tagline, karakteristik, emosi, pemahaman logis, performa hingga janji dari sebuah produk maupun jasa. Guna mempunyai brand yang kuat maka sebuah perusahaan perlu melakukan branding.

Branding disini merupakan tindakan menciptakan sebuah merek di mata masyarakat, bagaimana perusahaan mengkomunikasikan pesan kepada pelanggan dengan efektif adalah hal pentingnya disini. Bila branding dilakukan dengan baik maka pelanggan akan memiliki kesan yang kuat terhadap sebuah brand sehingga membentuk loyalitas.

Karenanya disini branding, design dan logo saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Ketika membangun sebuah merk maka Anda akan memerlukan logo dan desain yang sesuai. Tujuannya adalah untuk merepresentasikan merk agar pesan perusahaan sampai kepada calon konsumen atau audiens.

Disamping namanya, logo juga dapat bertindak sebagai identitas merek untuk memudahkan audiens mengenali sebuah produk maupun jasa. Bahkan logo sendiri kerap menjadi identitas yang paling banyak memberikan pengaruh terhadap brand. Contohnya Nike sangat dikenal dengan logo swoosh-nya dan ketika orang melihat logo swoosh atau bahkan gambar yang menyerupai maka mereka langsung teringat dengan merk sepatu tersebut.

Untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness maka Anda juga membutuhkan desain grafis yang menarik. Dengan demikian, Hubungan Branding dengan Design dan Logo Bisnis merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisah-pisahkan bila Anda ingin mencapai kesuksesan pemasaran.

Selain itu desain juga bukan hanya tentang kreativitas dan estetika grafis, melainkan juga harus menyampaikan pesan yang konsisten dan selaras dengan karakter brand. Karakter brand ini dituangkan melalui elemen grafis seperti warna, tulisan, bentuk, dan lain-lain. Pastikan Anda mempunyai design atau logo bisnis yang kuat sebelum melakukan branding atau menggunakan jasa branding.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *