Perkembangan Groceries Online di Indonesia – Groceries online atau belanja bahan makanan secara online telah menjadi salah satu inovasi yang sangat populer di tengah kehidupan masyarakat yang semakin terhubung secara digital saat ini. Dengan adanya tren belanja yang bergeser ke ranah online, banyak startup yang mengembangkan platform groceries online untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Salah satu keuntungan utama dari belanja groceries online adalah kenyamanan yang ditawarkan. Masyarakat tidak perlu repot pergi ke toko fisik, menghabiskan waktu dan tenaga untuk berbelanja. Dengan hanya menggunakan perangkat smartphone, tablet, atau desktop, mereka dapat mengakses aplikasi belanja groceries online dan melakukan transaksi dengan mudah.
Selain itu, pengiriman pesanan secara tepat waktu juga menjadi keunggulan lain dari groceries online. Konsumen tidak perlu khawatir tentang pengambilan barang di toko atau mengatur waktu untuk mengambil pesanan. Pesanan mereka akan diantarkan langsung ke pintu rumah atau lokasi yang mereka tentukan, sehingga menghemat waktu dan tenaga.
Perkembangan Bisnis Groceries Online sendiri di Indonesia mulai hadir pada tahun 2013 dengan hanya sedikit pemain di industri tersebut. Namun, popularitas e-grocery meningkat pesat di tengah kondisi pandemi COVID-19. Pada masa pandemi, masyarakat diimbau untuk melakukan social distancing dan menghindari kerumunan, sehingga mereka harus menjalani semua aktivitas di rumah. Layanan e-grocery menjadi solusi bagi mereka untuk tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Dengan menggunakan ponsel, masyarakat dapat dengan mudah membeli bahan makanan yang mereka butuhkan dan pesanan mereka akan diantarkan ke rumah.
Meskipun awalnya cakupan layanan e-grocery terbatas, namun seiring waktu, layanan tersebut terus berkembang. Saat ini, ada berbagai pilihan layanan e-grocery di Indonesia yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. Industri e-grocery menjadi tren yang terus berkembang dan memiliki prospek masa depan yang cerah. Bisnis ini mendukung kebiasaan masyarakat yang semakin menjalani kehidupan digital. Namun, masih ada banyak aspek yang perlu diperbaiki dalam industri groceries online karena secara mendasar, bisnis ini menghadirkan perubahan budaya dalam masyarakat, terutama di kalangan ibu rumah tangga.