Tantangan di Bidang Konten Marketing

Tantangan di Bidang Konten Marketing

Daftar Isi

Tantangan di Bidang Konten Marketing – Konten marketing menyimpan sejumlah tantangan untuk mencapai tujuan perusahaan atau bisnis, terlebih bila sudah berbicara tentang tren. Metode pemasaran ini memang berkaitan erat dengan tren, teknologi dan dunia digital khususnya pemasaran digital.

Tantangan di Bidang Konten Marketing

Hal ini menuntut content marketer untuk kerap menemukan berbagai tantangan lain dalam pekerjaannya. Lantas apa sajakah tantangan di bidang konten marketing tersebut? Berikut adalah empat tantangan utama content marketer dan cara mengatasinya :

1. Tren yang dinamis dan cepat berubah

Dapat dikatakan bahwa perubahan tren merupakan salah satu tantangan terbesar konten marketing. Sebagai contohnya siapa sangka kini TikTok begitu digemari, padahal beberapa tahun sebelumnya hanya sedikit yang melirik media sosial satu ini.

Selain itu kita juga dapat membuat Instagram guide yang berbentuk seperti katalog. Tren cepat berubah setiap tahun, bulan, bahkan hari dan hal inilah yang akhirnya mendorong content marketer untuk terus berinovasi. Dengan banyaknya kompetitor tentu Anda dituntut untuk terus mengikuti perkembangan tren yang tengah digemari.

2. Writer’s block

Content marketer juga bisa merasakan writer’s block seperti halnya seorang penulis. Sebab kemungkinan besar seorang content marketer harus menulis kontennya setiap hari. Hal ini membuat konten yang ditulisnya bisa saja tidak terlalu berbeda dengan konten sebelumnya.

Sehingga menjadi hal yang wajar bila suatu hari tim konten bahkan tidak bisa menulis sama sekali. Anda mungkin akan dikejar deadline, ingin segera menulis namun tidak ada kata-katanya yang keluar dari pikiranmu, ini menjadi tantangan selanjutnya.

3. Perbedaan selera

Perbedaan selera baik dari sesama anggota tim, audiens hingga partner bisnis menjadi tantangan selanjutnya. Misalnya bila konten Anda membutuhkan aspek visual tentu selera tiap orang terhadap visual berbeda-beda. Bisa saja Anda menganggapnya sudah baik namun orang lain tidak demikian, dan hal ini sangat sering terjadi dalam dunia konten. Karenanya disini skill komunikasi untuk mendiskusikan selera dan keinginan banyak pihak sangat diperlukan.

4. Kejenuhan audiens

Jenis konten yang berulang bisa membuat audiens merasa jenuh meskipun ditampilkan di platform yang berbeda-beda. Contohnya bila Anda membuat konten berupa kuis, lalu Anda menyadari bahwa konten tersebut sangat disukai audiens. Kemudian Anda dan tim pada akhirnya sering membuat konten serupa, namun konten serupa yang sering diulang-ulang pada akhirnya bisa membuat audiens jenuh.

Cara Mengatasi Tantangan dalam Konten Marketing

Itulah beberapa tantangan di bidang konten marketing yang kerap ditemui oleh para kreator. Lantas bagaimana siasat atau cara kita mengatasi berbagai tantangan tersebut? Bila Anda berkecimpung dalam dunia konten marketing atau membuka jasa konten marketing maka bisa mengimplementasikan beberapa tips berikut :

1. Melihat banyak referensi

Sebagai seorang content marketer tentu Anda harus rajin melihat berbagai konten digital di media sosial bahkan garapan Anda sendiri sebelumnya. Rutinlah untuk memantau konten yang tengah menjadi tren sehingga Anda bisa menemukan banyak ide-ide baru yang segar tentunya.

2. Baca hasil riset

Sebagai seorang konten kreator Anda harus bisa membaca berbagai hasil riset yang dipublikasikan oleh institusi atau perusahaan ternama untuk mengatasi perkembangan tren. Contohnya apakah Anda pernah mendapatkan notifikasi aplikasi yang menggunakan emoji? Hal tersebut juga merupakan salah satu strategi yang dilakukan dari hasil riset. Riset menunjukkan bahwa notifikasi yang mengandung emoji akan lebih menarik audiens, jadi notifikasi tidak hanya sekedar tulisan.

3. Ikut webinar atau pelatihan dan sebagainya

Meskipun Anda sudah cukup mahir di bidang konten marketing, namun Anda harus tetap menambah ilmu dan pengetahuan. Sebab perkembangan konten marketing yang semakin pesat bisa saja membuat Anda ketinggalan sesuatu. Diharapkan dengan mengikuti berbagai hal tersebut bisa membuat Anda mempelajari hal baru.

4. Gunakan tools pendukung

Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai tantangan konten marketing. Beberapa di antaranya adalah Ubersuggest, Google Trends dan lainnya yang bisa Anda lihat juga di tools content marketing maksimalkan pemasaran digital.

Konten marketing memang mempunyai banyak tantangan, namun sebagai content marketer Anda harus dapat menjadi jembatan antara audiens dan perusahaan yang memiliki peran penting bagi perusahaan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *