Landing page yang menarik pada wordpress adalah salah satu kunci untuk memancing konversi. Oleh sebab itu, di perlukan pengetahuan dasar bagi para pemilik website mengenai tips memaksimalkan landing page agar konversi meningkat. Terlepas dari hal ini, sayangnya beberapa pemilik website wordpress yang masih pemula belum mendapatkan manfaat dari landing page. Alasannya karena pemilik website memiliki beberapa masalah yang mengakibatkan kinerja landing page tidak optimal seperti desain yang kurang menarik, isi konten landing page tidak relevan dengan isi website, kurangnya bukti sosial yang mencakup testimoni atau sertifikasi.
Risiko Jika Landing Page Tidak Maksimal
Tidak hanya masalah yang seringkali dihadapi oleh pemilik website pemula, beberapa risiko juga akan muncul jika landing page tidak dimaksimalkan. Berikut beberapa risiko yang perlu anda ketahui sebagai pemilik website wordpress!
1. Tingkat Konversi Rendah
Karena landing page kurang menarik, maka secara langsung tingkat konversipun ikut rendah. Dalam artian, para pengunjung tidak melakukan aktivitas apapun selama berada di dalam website wordpress seperti tidak membeli produk apapun atau mendaftar untuk berlangganan.
2. Pemborosan Biaya Iklan
Jika anda membayar iklan seperti google ads atau iklan sosial media, hal ini hanyalah membuang uang secara cuma-cuma, karena landing page yang buruk tidak akan membuat pengunjung tertarik untuk mengklik iklan yang ditawarkan untuk mengarah kepada wordpress anda.
3. Hilangnya Potensi Pelanggan
Landing page tidak menarik akan membuat para pengunjung berpikir dua kali untuk membeli produk atau registrasi pada halaman website anda. Mungkin pengunjung akan mencari alternatif website lain untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka, karena pada website anda di nilai belum mampu menjawab keinginan pengunjung.
Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Landing Page
Tips Tingkatkan Konversi Dengan Landing Page
Untuk meningkatkan konversi pada halaman wordpress, anda perlu memperhatikan dan menerapkan tips atau langkah awal agar landing page bisa lebih optimal kinerjanya. Berikut tips meningkatkan konversi dengan landing page di wordpress!
1. Pahami Tujuan
Sebelum membuat landing page yang menbuat pengunjung tertarik datang ke website anda, alangkah baiknya pahami tujuan dari landing page yang dibuat lebih dahulu. Sesuaikan kembali tujuan dari landing page apakah ditujukan untuk meningkatkan penjualan, berlangganan email atau tindakan pengunjung yang lain? Jangan lupa untuk menyesuaikan landing page dengan kebutuhan niche bisnis anda.
2. Visual Sederhana
Desain atau visualisasi pada landing page wordpress harus sederhana. Hindari menggunakan elemen atau ornamen yang terlalu ramai dan membuat pengunjung bingung untuk melihatnya. Buatlah desain yang fokus pada perhatian pengunjung untuk melakukan tindakan sseperti membeli produk ataupun berlangganan berita terbaru, dengan menggunakan isi desain yang relevan. Jangan lupa hindari penggunaan tone warna yang terlalu mencolok mata, agar pengunjung juga betah melihat landing page anda.
3. Sisipkan Bukti Valid
Agar landing page lebih menarik lagi, tidak ada salahnya menyisipkan bukti valid seperti testimoni berupa komentar dari para pengunjung yang sudah pernah menggunakan jasa atau membeli produk pada website anda. Para pemilik website wordpress juga bisa menyertakan ikon-ikon brand yang telah bekerja sama dengan bisnis anda. Dengan menyisipkan sertifikasi seperti sertifikat pengakun bisnis halal juga bisa membuat landing page lebih tertarik di mata pengunjung.
4. Ramah Untuk Perangkat Mobile
Pastikan tampilan landing page pada wordpress, juga bisa terbuka secara utuh pada perangkat apapun termasuk ponsel pintar ataupun tablet. Pengalaman baik yang di alami oleh pengunjung saat membuka website anda di ponsel mereka, mampu membuat konversi meningkat karena kemudahan dalam mengakses website. Sehingga besar kemungkinan para pengunjung ingin membeli produk di website anda.
5. Maksimalkan CTA
Jangan lupa juga untuk menggunakan CTA pada landing wordpress yang menarik dan membuat para pengunjung terhipnotis untuk membeli atau berlangganan di website anda. Gunakanlah bahasa yang padat dan jelas, hindari kesalahaan ejaan maupun typo agar pengunjung lebih nyaman membaca isi CTA di website anda.
6. Urgensi Waktu
Untuk meningkatkan konversi, anda bisa menambahkan urgensi atau tenggat waktu pada landing page. Anda bisa menambahkan elemen hitungan mundur atau desain yang memuat tenggat waktu untuk beberapa produk yang ingin anda promosikan atau tawarkan. Dengan begini, pengunjung akan segera membeli produk anda sebelum waktu promosinya habis.
7. Jaga Kontinuitas
Agar konversi bisa lebih meningkat, usahakan jika pengunjung di arahkan ke halaman berikutnya setelah landing page tetaplah jaga kointunitas antara desain dan isi pesan. Hindari menggunakan kalimat-kalimat yang tidak saling terhubung antara halaman awal dengan halaman website berikutnya, hal ini akan membuat pengunjung merasa kebingungan terkait perilaku apa yang harus mereka lakukan selama berada di website anda.
Kesimpulan
Landing page pada wordpress merupakan aspek penting untuk menjaga performa dari sebuah website untuk membuat pengunjung tertarik dan betah berada di website anda. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat landing page yang menarik dan memikat mata para pengunjung yang datang. Salah satu cara mengoptimalkan landing page yakni dengan membuat desain visual yang sederhana namun terlihat bersih dan menarik karena menggunakan warna yang netral dan sedikit elemen. Untuk mendapatkan landing page yang menarik, anda bisa menggunakan jasa dari Diginext.
Artikel Lainnya : Tips Membuat Landing Page WordPress