Company profile pada website sangat penting untuk mengenalkan keberadaan perusahaan pada konsumen. Selain itu company profile juga memiliki fungsi untuk membangun serta meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan dengan cara menampilkan informasi perusahaan. Informasi ini mencakup struktur organisasi hingga visi misi dalam perusahaan tersebut. Namun, kurangnya fokus pada kebutuhan target pelanggan membuat tujuan dari company pelanggan terhadap perusahaan, rasa kebingungan konsumen terkait deskripsi perusahaan seperti apa.
Risiko Company Profile Tidak Optimal
Company profile yang tidak optimal dalam sebuah website, bisa membuat permasalahan-permasalahan di atas semakin parah hingga menimbulkan beberapa risiko yang mampu menimbulkan citra yang tidak baik untuk perusahaan. Berikut risiko-risiko yang bisa timbul, jika company profile tidak segera di optimalkan!
1. Kehilangan Peluang Bisnis
Tidak semua pemilik website tahu cara mengoptimalkan isi dari company profile, khususnya bagi para pemula yang belum lama membangun branding perusahaan melalui website. Ketidaktahuan akan pengoptimalan laman company profile inilah, yang bisa membuat hilangnya peluang bisnis. Hal ini terjadi, karena calon pelanggan atau mitra bisnis kesulitan memahami apa yang di tawarkan dari perusahaan.
2. Kesan Tidak Profesional
Ketidakjelasan isi pada menu company profile juga membuat kesan perusahaan tidak profesional dimata para konsumen. Tidak adanya penjelasan mengenai struktur organisasi yang mencakup pemilik serta staff dalam perusahaan bisa membuat citra perusahaan memburuk dan menurun perlahan.
3. Hilangnya Kepercayaan Investor
Para investor yang tertarik untuk mengetahui perusahaan lebih dalam dengan perusahaan anda, akan berpikir dua kali untuk melakukan kontrak kerja sama. Pasalnya, informasi yang diberikan di company profile tidak cukup transparan atau akurat. Hal inilah yang mampu memicu investor menarik kembali minatnya pada perusahaan anda.
4. Kesulitan Berkomunikasi
Ketidakjelasan dari isi company profile pada halaman website, juga menghambat proses komunikasi antara pelanggan dengan perusahaan. Informasi yang tidak to the point membuat para calon pelanggan menghabiskan banyak waktu untuk mengklarifikasi kontak perusahaan. Peletakan nomor telepon, alamat email, serta alamat tempat perusahaan baiknya ditampilkan secara jelas sehingga pelanggan tidak bingung mencari kontak perusahaan.
5. Kesulitan Merekrut Staff
Jika dalam halaman company profile tidak menjelaskan tentang budaya perusahaan, nilai-nilai, atau manfaat bekerja di perusahaan Anda, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam menarik karyawan potensial yang sesuai. Karena citra perusahaan juga kadangkala di nilai melalui sebuah website.
Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Company Profile
Komponen Kunci Untuk Company Profile
Company profile adalah sebuah halaman pada website yang memuat informasi lengkap mengenai perusahaan. Informasi ini mencakup hal terperinci tentang sejarah perusahaan, misi, visi, nilai-nilai inti, produk atau layanan yang ditawarkan, pencapaian, tim manajemen, dan informasi kontak. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran lengkap tentang identitas, tujuan, dan kekuatan perusahaan kepada calon pelanggan, mitra bisnis, investor, calon karyawan, dan masyarakat umum.
Perusahaan juga harus mengerti target pelanggan yang ingin dituju, hal ini dapat membantu menemukan jawaban dari kebutuhan para pelanggan. Dengan begitu, para pelanggan merasa tertarik dan mau mencoba menggunakan layanan yang perusahaan tawarkan. Contoh perusahaan yang mengoptimalkan company profile,
Satu Persen-Indonesian Life School adalah startup pendidikan yang mengajarkan tentang pengetahuan dan kemampuan penting dalam hidup yang belum diajarkan di sekolah dan masyarakat luas.
Adapun beberapa komponen kunci yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dari company profile, yakni:
1. Tentang Kami
Komponen ini berisi penjelasan singkat mengenai perusahaan bergerak dan berfokus pada bidang apa. Tentang kami juga biasanya berisi visi misi dari perusahaan, nilai-nilai perusahaan, budaya kerja, struktural organisasi yang berisi pemilik hingga staff perusahaan.
2. Kontak
Komponen ini juga tidak kalah penting dengan poin nomor satu, karena kontak merupakan media yang mampu menghubungkan para pelanggan atau investor dengan perusahaan. Usahakan untuk mencantumkan alamat email, nomor telepon ataupun alamat tempat dimana perusahaan berada pada halaman website company profile.
3. Pencapaian Perusahaan
Pada halaman company profile, perusahaan juga biasanya menyisipkan pencapaian berupa sertifikat penghargaan maupun mitra-mitra yang telah berhasil melakukan kerja sama dengan perusahaan. Hal ini mampu menambah citra serta meningkatkan kepercayaan, baik di mata para pelanggan maupun investor.
4. Jenis Layanan
Company profile juga bisa di isi dengan penjelasan mengenai jasa layanan yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini memungkinkan para pelanggan ingin menggunakan layanan yang perusahaan anda tawarkan.
5. Blog
Dalam halaman company profile, juga bisa di sisipkan artikel- atau berita yang membahas mengenai budaya kerja di perusahaan tersebut. Hal ini membantu para pelanggan untuk mengetahui aktivitas apa saja yang sedang atau telah berlangsung di perusahaan.
Kesimpulan
Company profile sangat penting bagi sebuah website perusahaan, karena dengan hal ini pelanggan bisa tertarik dan percaya pada profesionalitas perusahaan anda. Anda bisa memiliki laman company profile yang menarik dengan menghubungi Diginext saat ini juga.