Pesan Makanan Pakai Aplikasi, Pelanggan Anti Ribet!

Pesan Makanan Pakai Aplikasi, Pelanggan Anti Ribet!

Daftar Isi

Bisnis F&B harus memiliki aplikasi pesan menu. — Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini bisnis F&B semakin menjamur di Indonesia, hal ini dikarenakan makanan merupakan salah satu bisnis yang cepat melesat dan selalu dibutuhkan oleh para pelanggan guna memenuhi kebutuhan perut. Namun, apakah seluruh restoran sudah mempunya sistem aplikasi yang memudahkan para pelanggan agar tidak perlu lagi repot memesan makanan ke kasir? 

Aplikasi Self Order Sebagai Solusi

Menjamurnya bisnis F&B tidak serta merta membuat pelanggan untuk selalu membeli makanan serta minuman pada restoran yang sama, sebab setiap pelanggan pasti memiliki restoran tercintanya sendiri. Anda pasti sering melihat dan mendengar beberapa bisnis F&B mengalami gulung tikar, padahal belum lama beroperasi lalu anda bertanya-tanya mengapa bisa merugi? Artikel ini memiliki pandangan, dimana alasannya ialah karena tidak mampu bersaing dengan bisnis F&B lainnya. Beberapa faktor kalah saing ini disebabkan karena kurang efektifnya manajemen menerima pelanggan saat datang ke restoran mereka, seperti lama mengantre untuk memesan makanan hingga lama menunggu pesanan tiba di meja tamu.  Lantas, sebagai pihak yang memiliki bisnis F&B harus bersikap seperti apa dan bagaimana solusinya agar pelanggan terus menerus mengunjungi restoran? Jawabannya dengan menerapkan penggunaan aplikasi berbasis self order! Simak pembahasannya di bawah ini

aplikasi untuk restoran yakni self order

Terlepas dari alasan diatas, adapun hal penting yang harus dipahami oleh bisnis F&B bahwa pengalaman makan yang menyenangkan merupakan sebuah tolak ukur kesuksesan restoran di mata para pelanggan. Bayangkan saja, saat pelanggan tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu pesanannya datang pasti hati juga ikut senang. Hal yang berbeda saat pelanggan telah lapar, tapi masih harus memesan menu ke meja kasir dan menunggu makanannya selama bermenit-menit. Hal lain seperti adanya kesalahan dari para pelayan (human error) di kala jumlah pengunjung membludak maka pelayan akan merasa kesusahan dan kebingungan untuk mencatat pesanan konsumen satu per satu, hingga mengakibatkan salah menulis dan membawakan menu yang tidak sesuai keinginan pelanggan. Wah, kejadian ini sungguh menyebalkan para pelanggan dong ya? Nah, untuk menanggulangi masalah-masalah ini bisa ditangani dengan menggunakan sebuah aplikasi yang langsung terintegrasi dengan menu-menu yang sudah tersedia sebelumnya.

Fitur Aplikasi Self Order

Bisnis F&B sudah seharusnya memanfaatkan kemajuan teknologi yakni dengan menggunakan sebuah aplikasi yang tentunya lebih memudahkan para pelanggan dalam mengorder menu tanpa harus menunggu dengan waktu yang lama dan kesalahan penginputan menu ke dalam list pembayaran nantinya. Beberapa hal yang harus anda ketahui mengapa peranan aplikasi self order dalam sebuah restoran sangatlah diperlukan. Berikut penjelasannya!

1. Terdapat Fitur List Menu dan Food Cart

Dalam aplikasi self order ini, memiliki fitur list menu yang di dalamnya memuat menu-menu yang dimiliki dan tersedia di restoran serta biasanya juga ditampilkan dalam bentuk gambar. Sehingga pelanggan bisa melihat bagaimana tampilan menu yang akan di pesan. Tidak hanya itu, dengan memiliki sebuah aplikasi, para pelanggan juga bisa melihat kembali menu yang mau di pesan jika ingin menggantinya maka pesanan akan otomatis terganti sesuai yang di inginkan. Dengan begini, pelayan tidak perlu bolak balik untuk mengecek ulang pesanan, dan membuat pelanggan terkesan diganggu.

2. Menu Checkout dan Live Order Track

Menu checkout juga memudahkan para pelanggan untuk melakukan pembayaran terhadap menu yang sudah dipilih dengan pilihan ingin membayar tunai ataupun melalui debit kartu. Hal ini meminimalisir antrian yang seringkali terjadi di kasir dimana, para staff kasir membutuhkan waktu untuk menghitung jumlah kembalian serta mencetak struk pesanan para pelanggan. Dengan adanya menu live order track juga akan membuat pelanggan bisa melihat kembali menu apa yang sudah mereka pesan, sehingga pelanggan bisa dengan tenang menunggu pesanannya datang ke meja. Sangat memudahkan bukan?

Baca Juga : Rahasia Sukses Mengurus Orderan di Aplikasi Groceries

Keuntungan Aplikasi Self Order

a. Memperkuat Customer Experience

Konsumen yang datang ke restoran, bisa langsung melakukan pemesanan di meja masing-masing hanya dengan mengakses sebuah link dimana link ini akan menautkan pada halaman berisi menu-menu yang tersedia. Hal inilah yang menjadi nilai plus, bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman tak terlupakan yakni bisa memesan makanan dengan sendirinya tanpa harus memanggil para pelayan. Nilai plus lain jika restoran menggunakan aplikasi self order, yakni mampu menaikkan traffic kepuasan penilaian konsumen terhadap restoran yang pernah disinggahi.

b. Menghemat Biaya

Adanya aplikasi self order untuk para konsumen, hal ini membuaat para bisnis F&B bisa menyimpan uang mereka untuk keperluan hal yang lain. Pasalnya dengan hadirnya aplikasi untuk restoran ini, mampu memangkas biaya untuk mengupah para pelayan dalam melayani pesanan pelanggan. Jadi, uang yang ada bisa dialokasikan untuk mengembangkan restoran agar lebih baik lagi dan nantinya juga berpengaruh dalam peningkatan loyalitas pelanggan terhadap restoran anda.

5. Efiensiensi Waktu dan Akurasi Pesanan

Siapa yang tidak senang jika pelanggan memberikan nilai bintang lima pada restoran yang pernah mereka datangi? Tentu para pemilik bisnis F&B sangatlah bersukacita ya! Adanya aplikasi self order pada restoran mampu membuat pelanggan senang, pasalnya tidak perlu mengantre untuk memesan sebuah menu dan juga sudah pasti pesanan yang telah di order melalui aplikasi self order akan sesuai dengan apa yang akan diletakkan di meja para pelanggan. Jadikan, katakan say good bye pada menunggu makanan yang datang lama juga pesanan yang salah.

Kesimpulan

Hadirnya aplikasi berbasis self order untuk bisnis F&B ini tentu harus kita sambut baik, pasalnya bisa memudahkan proses memesan menu dan transaksi pembayaran menu bisa dengan mudah dilakukan. Aplikasi ini bisa di dapatkan dengan menghubungi Diginext. Konsultasikan keinginan anda mengenai aplikasi untuk bisnis F&B bersama kami segera!

Artikel Lainnya : Fungsi Web Broser Bagi Bisnis 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
Telegram
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *