Berjualan secara online memang berlaku untuk produk apapun, salah satunya dengan berjualan sayur dan buah.— Merebaknya bisnis di ranah menjual sayur dan buah merupakan hal lazim hingga saat ini. Sayur dan buah merupakan bahan komoditas pangan yang selalu di cari dan di butuhkan oleh manusia. Namun, tidak semua pebisnis menjual sayur dan buahnya secara online ada juga yang masih menjualnya di sebuah ruko berisi toko buah. Menurut anda, faktor apa yang menyebabkan beberapa penjual sayur dan buah belum berpindah berjualan secara online? Jawabannya karena kurangnya pemahaman akan strategi promosi.
Risiko Tidak Paham Strategi Promosi
Menanggapi pertanyaan diatas, salah satu faktornya yaitu para penjual sayur buah belum memahami strategi promosi penjualan secara online. Jika faktor kurang memahami strategi promosi ini tidak segera di atasi, maka akan memunculkan masalah-masalah baru seperti:
- Kebangkrutan (tidak bisa bersaing)
Karena kurangnya pemahaman mengenai strategi promosi secara online, para penjual tidak mampu bersaing dengan penjual yang lain. Di sisi lain, adapun beberapa penjual yang sudah menjualkan produk sayur buah secara online, namun produknya juga masih belum laku sehingga lambat laun penjualan secara onlinepun terhambat hingga akhirnya gulung tikar.
- Produk Tidak Laku
Karena penjual tidak mengerti strategi mengenalkan sayur dan buah online, sehingga banyak produk yang tidak terjual habis. Selain itu, banyak produk yang mengalami kerusakan seperti membusuk hingga tidak segar lagi tampilannya karena menumpuk di gudang penjualan.
- Sulit Berkembang
Usaha jual sayur buah online juga sulit berkembang karena ketidaktahuan penjual terkait bagaimana cara mengenalkan bisnis mereka ke khalayak. Akibatnya bisnis akan terhenti disitu-situ saja, dan tidak ada kemajuan yang signifikan.
Baca Juga : Perkembangan Groceries Online di Indonesia
Terlepas dari beberapa risiko akan ketidaktahuan dari cara mempromosikan produk buah dan sayur, sudah seharusnya para penjual mulai menyadari dan mengambil sikap untuk mau belajar bagaimana cara mempromosikan produknya agar omset dari bisnis sayur buah ini bisa segera ada hasilnya dan terus meningkat dari waktu ke waktu.
Mungkin anda bertanya-tanya mengapa sebagai penjual sayur buah harus mempromosikan produk-produk yang kita miliki? Jawabannya sangat sederhana, yakni untuk meningkatkan brand awareness pada khalayak. Brand awareness merupakan sebuah sikap dimana parakonsumen menyadari adanya keberadaan brand atau bisnis anda. Dengan begitu, para pelanggan akan mulai tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang anda jual. Strategi promosi secara online juga memiliki manfaat lain untuk membantu para penjual dalam membangun komunikasi, memahami perilaku serta keinginan para konsumen, tolak ukur performa bisnis, bahan riset lebih lanjut.
Tips Strategi Promosi
Berpindah haluan dari penjelasan mengenai manfaat dari promosi secara online, adapun beberapa strategi promosi yang bisa langsung anda terapkan pada penjualan sayur dan buah milik anda. Berikut beberapa tipsnya!
1. Buy 1 Get 1
Strategi merupakan jenis promosi yang dinilai menguntungkan bagi para konsumen, bagaimana tidak jika seseorang membeli 1 pack sabun maka akan mendapatkan 1 pack sabun kembali, hal ini dinilai ampuh untuk menarik perhatian konsumen, dan membuat konsumen membeli produk yang di jual. Hal ini sangat tepat digunakan untuk menghabiskan stok sayur dan buah yang akan segera kadaluarsa. Jadi, sayur dan buah tidak membusuk atau terbuang secara sia-sia. Strategi ini sangat sering di gunakan oleh brand-brand ternama.
2. Kartu Loyalitas atau Membership
Tips selanjutnya dengan memanfaatkan kartu loyalitas atau membership. Bagi para konsumen yang memiliki kartu member bisa mendapatkan diskon atau voucher menarik setiap kali berbelanja dengan nominal tertentu. Strategi promosi ini membuat para konsumen merasa dihargai karena kesetiannya selalu membeli produk sayur dan buah (loyalitas) di tempat anda.
3. Diskon Tenggat Waktu
Memasang diskon dengan tenggat waktu tertentu, juga mampu memancing konsumen untuk segera membeli dan membayar barang yang sudah di simpan di keranjang belanja. Strategi promosi efektif untuk membuat konsumen segera membeli sayur buah sebelum jam diskon berakhir.
4. Visualisasi Gambar
Tampilan gambar yang ditawarkan juga berpengaruh penting pada kepuasan pengalaman berbelanja konsumen. Beberapa konsumen lebih tertarik dengan gambar produk sayur buah dengan desain yang menarik. Kepadanan warna pada gambar juga mampu mempengaruhi seseorang untuk terhipnotis dan membeli produk anda lho!
5. Pemanfaatan Fitur Promosi di Aplikasi Grocery Diginext
Untuk memaksimalkan strategi promosi secara online bisa dengan menggunakan aplikasi grocery diginext. Aplikasi ini memuat fitur-fitur yang dapat meningkatkan performa bisnis jualan sayur buah anda.
- Fitur chat, yang mana konsumen bisa langsung melakukan pemesanan dalam jumlah besar atau menyampaikan kendala saat melakukan pembelian dengan menghubungi penjual langsung. Fitur ini biasanya bisa langsung terhubung ke whatsapp.
- Fitur coupen dan tracking, yang memberikan kesenangan bagi pelanggan karena mendapatkan potongan harga atau biaya ongkos kirim dan juga bisa mendeteksi pesanan mereka sudah sampai dimana.
- Fitur fire bush push notification, konsumen bisa mendapatkan dan melihat pemberitahuan terkini.
Kesimpulan
Strategi promosi sangat berguna untuk mengembangkan bisnis serta menaikan profit penjualan. Promosi online juga di nilai lebih efektif, karena saat ini konsumen sudah memilih belanja secara online. Untuk memaksimalkan strategi promosi, anda bisa menggunakan aplikasi groceries. Aplikasi ini bisa dengan mudah anda dapatkan disini.